Wednesday, July 27, 2016

Hey! Say! JUMP's 5th Album "Dear." Review


Hari ini, tepatnya tanggal 27 Juli 2016, Hey! Say! JUMP merilis album kelima mereka yang bertajuk "Dear.". Masih sama seperti album sebelumnya, total lagunya ada sekitar 20 lagu. Perbedaan dari album ini dan album sebelumnya, JUMPing Car, bisa terlihat jelas dari mayoritas tipe lagu. Pada album kali ini, Hey! Say! JUMP tampak lebih banyak membawakan lagu yang bertema "otona" alias mature dengan bumbu romance daripada hanya lagu romantis ceria seperti biasanya. Ini juga terlihat dari main song yang dijadikan PVnya, Masquerade, yang aransemen musik, dance, dan konsep PVnya terlihat sangat berkesan mature.

Seperti biasa, di akhir postingan akan link untuk download album Dear. dan PV Masquerade, check this out!
Ini dia review album ini!




(Lagu single yang pernah aku tulis reviewnya akan aku skip)

Invitation
Well secara teknis, ini bukan lagu tapi hanya intro album aja. Tapi hal yang paling aku suka dari intro ini adalah ada narasinya dan ketika di-play sebelum lagu Masquerade, akan cocok banget. Karena musiknya pun nyambung. Jadi sebagai pembuka album, ini memang "undangan" untuk pada fans agar bersiap untuk hanyut dalam "dunia" Hey! Say! JUMP.

Masquerade
Begitu pertama kali dengar preview lagu ini di siaran radio Hey! Say! JUMP, aku langsung tau ini akan jadi lagu favoritku di album kali ini. Aransemennya dan liriknya benar-benar seperti "menyihir". Dan ketika short version PVnya rilis, aku langsung speechless--yup, literally speechless dan jawdrop. Lagu ini sempurna banget untuk memunculkan image otona di Hey! Say! JUMP. Hampir ga ada yang aku ga suka dari lagu ini.

Lirik lagu? Click Here


RUN de Boo!
Lagu ini lagu tipikal Hey! Say! JUMP--tapi tetep oke kok. Nadanya ceria dan selalu mengajak pendengarnya untuk ikut menggerakkan badan ikut irama. Cocok dinyanyikan untuk encore konser terutama karena bagian "Jump Jump Jump Jump Jump" nya yang pasti seru kalau dinyanyikan bersama penonton.

Lirik lagu? Click Here


DREAM MASTER
Lagu kali ini tipe lagu dance boyband. Bagian reff nya seru dan pembagian solo linenya juga bagus. Sejujurnya, ga bisa komentar banyak soal lagu ini. Memang bagus sih tapi menurutku bukan lagu yang meninggalkan kesan kuat buat aku pribadi.

Lirik lagu? Click Here


B.A.B.Y.
Bagian awal dari lagu ini pasti "membius" sebagian besar fans karena ada suara Takaki Yuya yang paling oke ketika berbisik. Aku pikir lagu ini mungkin bukan salah satu lagu yang easy listening waktu di bagian awalnya, tapi makin didengar ternyata lagu ini cukup easy listening terutama ketika udah mulai masuk ke bagian reff.

Lirik lagu? Click Here


Special Love
Entah kenapa lagu ini agak berkesan mirip lagu AKB48 Halloween Night terutama ketika di bagian awal reff. Hahahaha mungkin itu hanya menurut aku aja. Tapi secara keseluruhan lagu ini not bad kok hanya mungkin kalau buat aku sih agak sedikit membosankan.

Lirik lagu? Click Here


Dear.
Lagu yang benar-benar sweet sesuai judulnya. Semuanya perfectly romantic mulai dari aransemen musiknya, liriknya, semuanya! Ini salah satu lagu favoritku di album kali ini. Di reff dan bagian akhirnya itu jelas pasti akan bikin Tobikko melting!

Lirik lagu? Click Here


Eternal
Begitu baca judulnya, aku pikir ini akan jadi lagu slow semacam Candle tapi ternyata ga se-slow itu. Meskipun waktu pertama kali mendengarkan lagu ini kesannya ga begitu mendalam, ternyata setelah dicermati liriknya, aku suka banget! Lagunya sweet juga sesuai judulnya.

Lirik lagu? Click Here


SUPERMAN
Aku pikir lagu ini akan jadi semacam lagu band mirip Hero, tapi ternyata engga. Di intronya, lagu ini udah sukses bikin aku tertarik untuk mendengarkan. Dan aku ga merasa menyesal udah tertarik mendengarkan lagu ini. Aku cukup suka ketika Hey! Say! JUMP membawakan lagu dengan tipe yang seperti ini.

Lirik lagu? Click Here


order
Hmm aku rasa lagu ini belum sukses "menyihir" aku tapi not bad kok. Lagu ini menurut aku akan cocok dengan kesan mafia-mafia gitu--entah kenapa hahaha.

Lirik lagu? Click Here


Tasty U
Judulnya menurutku agak mencurigakan. Tapi aku langsung jatuh cinta dengan aransemennya meskipun sedikit mengingatkan aku pada lagu Ai yo Boku wo Michibiite Yuke. Aku cukup suka reffnya yang bikin aku ingin cepat-cepat hafal lagu ini.

Lirik lagu? Click Here


SLOWMOTION
Entah kenapa rasanya aku baru mendengar Hey! Say! JUMP membawakan lagu yang tipenya seperti ini. Ini rasanya bukan tipe lagu yang biasanya akan dibawakan Hey! Say! JUMP, tapi ternyata cocok dan hasilnya bagus!

Lirik lagu? Click Here


Ai no Shubiduba
Ini dia lagu yang dari judulnya pun bisa ditebak lagu unyu. Dan nadanya lucu! Liriknya pun cukup lucu terutama di bagian reff dan "Shubiduba"nya. Secara kesuluruhan lagu ini kurang-lebih tipe nya sama seperti Puppy Boo yang cocok dibawakan dengan kostum suits plus topinya dan tongkat.

Lirik lagu? Click Here


KISS Diary
Awalnya aku agak bingung dengan lagu ini tapi setelah didengarkan beberapa kali, baru mulai bisa menikmati lagu ini. Reffnya bagus dan menurutku cukup menyentuh.

Lirik lagu? Click Here


Brand New World
Judulnya langsung mengingatkan aku sama lagunya V6 yang berjudul sama yang dulu sempat jadi OSTnya Inuyasha. Tapi lagunya berbeda. Ini entah kenapa agak sedikit berkesan "musikal"--yaa semacam lagu yang ada di drama-drama musikal. Aku pikir akan cocok banget dibawakan di konser dan dengan banyak junior sebagai backdancer. Secara keseluruhan lagunya cukup oke dan nadanya juga easy listening.

Lirik lagu? Click Here


From.
Salah satu lagu yang paling cute di album ini. Aransemen musiknya manis dan liriknya juga manis. Sebenarnya untuk aku pribadi sih lagu ini kurang berkesan, tapi kalau lama-lama didengarkan ga bosen kok. Aku cukup suka dengan aransemen musiknya yang sedikit mengingatkan aku pada lagu 48Groups hahahaha.

Lirik lagu? Click Here


Kon'ya Anata wo Kudokimasu
Begitu baca judulnya, langsung mengira lagu ini bakal agak berkesan seksi tapi ternyata setelah didengarkan ga seseksi judulnya hahaha. Terutama karena ada backing vocal suara perempuan yang entah kenapa terdengar mirip screamer Babymetal. Tapi dari cara Inoo dan Hikaru menyanyikannya sih terdengar cukup "menggoda" hahaha terutama ketika bagian "I Love You" di akhir lagu.

Lirik lagu? Click Here


Mr. Flawless
Salah satu lagu yang bikin aku penasaran terutama karena penyanyinya yang memang para "Mr. Flawless" alias Yabu, Yuya, dan Yuto hahaha. Ternyata lagunya cukup kalem dengan kesan jazz yang kuat. Salah satu lagu keren yang sayang dilewatkan!

Lirik lagu? Click Here


Boku to Keito
Nah ini dia lagu yang paling bikin penasaran karena judulnya! Dari judulnya pun sudah terlihat kalau lagu ini akan banyak menyinggung Chinen (Boku) dan Keito. Hal yang bikin menarik adalah untuk kedua kalinya Keito diberi lagu duet tapi kali ini dia bukan hanya sebagai pemetik gitar dan backing vocal tapi ikut bernyanyi juga dan fakta bahwa Keito dan Chinen memang jarang dijadikan duo. Setelah mendengar lagunya, nada dan liriknya yang lucu sukses membuat aku senyum-senyum sendiri.

Lirik lagu? Click Here


My Girl
Judulnya langsung mengingatkan aku ke lagu Arashi yang judulnya sama. Tapi ternyata tipe lagunya berbeda. Lagu My Girl yang satu ini lebih berkesan keren terutama karena bagian rap yang dinyanyikan Daiki dengan apik. Secara lirik, lagu ini benar-benar sweet. Entah kenapa nadanya mengingatkan aku pada tipe lagu-lagu boyband barat yang sempat booming di tahun 90an. Aku suka perpaduan antara suara Daiki dan Yamada di lagu ini.

Lirik lagu? Click Here



Bagi yang mau download bisa kok, nanti linknya aku kasih di akhir post ini.
Secara keseluruhan aku cukup suka lagu di album ini dan Hey! Say! JUMP yang semakin dewasa!


Keep support Hey! Say! JUMP!!

P.S.
Mohon maaf kali ini untuk review PV Masquerade sepertinya tidak ada dikarenakan kesibukan saya pribadi. Padahal sebenarnya tangan saya gatal untuk mereview, tapi apalah daya. Kadang proses screenshot dari review itu suka makan waktu yang cukup panjang.
Masquerade's PV download link is HERE!

Download? Click Here!

No comments:

Post a Comment